Kempli ini dimainkan pada bos dengan palu keras dan ini
membuat mengalahkan semua 25 pemain. Ini
adalah instrumen yang bagus untuk bermain seperti yang saya bisa duduk di sana,
berkonsentrasi pada menjaga waktu, tetapi juga menikmati mendengarkan musik
yang dibuat di sekitar saya.
Funnyildlife.wordpress.com
B.GONG
Ada tiga gong, gong vertikal besar memiliki pitch terendah dan dimainkan dengan palu lembut, kempur berukuran menengah bernada tinggi, dan klentong vertikal kecil tinggi bernada dan dimainkan dengan palu keras. Semua menyenangkan!
Ada tiga gong, gong vertikal besar memiliki pitch terendah dan dimainkan dengan palu lembut, kempur berukuran menengah bernada tinggi, dan klentong vertikal kecil tinggi bernada dan dimainkan dengan palu keras. Semua menyenangkan!
Funnyoldilfe.wordpress.com
C.REYONG
Gamelan.emacsian.com
REYONG
adalah deretan 12 gong atau ceret dipasang pada frame,dan dimainkan oleh empat
pemain.Ini memainkan bagian saling kotekan dan juga menandai music oleh pola
memainkan.
D.PEMADE
Gamelan.emacsian.com
Pemade , mirip
dengan kantil , adalah metalofon 10-kunci dalam Gangsa . Ini
mendukung melodi utama dan memainkan bagian saling disebut kotekan
2.ALAT MUSIK GAMELAN JAWA
A.KEMPUL
Sofiafathana.blogspot.com
Kempul adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon,
gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya /
alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan
bersama. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang
berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda.
Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk
ensembel. Di Bali dan Lombok saat ini, dan di Jawa lewat abad ke-18, istilah gong lebih dianggap sinonim dengan gamelan.
B.KENONG
Sofiafathna.blogspot.com
kenong adalah instrumen kedua yang paling
penting setelah gong. Kenong membagi gongan menjadi dua atau empat kalimat
kalimat kenong, atau kenongan. Di samping berfungsi menggaris-bawahi struktur
gendhing, nada-nada kenong juga berhubungan dengan lagu gendhing.
C.REBAB
Music-accad.blogspot.com
Alat musik rebab
pertama kali diperkenalkan oleh Masyarakat Timur Tengah. Karena dari Timur
Tengahlah, alat musik rebab berasal. Lalu perlahan-lahan masuk ke negara-negara
di Asia Tenggara hingga ke Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai
macam bentuk rebab. Yang membedakan rebab satu daerah dengan daerah lainnya
hanya di bahan pembuat rebabnya.
D.SULING
Seruling merupakan sejenis alat
musik tiup yang terbuat dari bambu serta memiliki 8 lubang, namun kini seruling
modern mempunyai banyak jenis atau bahan, ada yang terbuat dari logam aluminium
dan bahkan ada juga terbuat dari plastik. Sekarang Seruling ini populer di
kalangan china,walaupun sederhana akan tetapi alat musik ini sudah ada sekitar
4.500 thn yang lalu, di mulai dari abad ke-7. Adapun tehnik permainan seruling
ini berkembang pesat, hingga sampai abad ke-10, seruling ini pun sekarang sudah
menjadi alat musik instrumen utama dalam orkestra opera kalangan rakyat dan
opera etnik minoriti di china, dan di indonesia pun sering digunakan oleh musik
beraliran dangdut.
3.ALAT MUSIK GAMELAN SUNDA
A.GAMBANG
Aangaijja.blogspot.com
Kesenian
musik ini merupakan perpaduan dari kesenian musik setempat dengan Cina.
Hal ini dapat dilihat dari instrumen musik yang digunakan, seperti alat musik
gesek dari Cina yang bernama Kongahyan, Tehyan dan Sukong. Sementara
alat musik Betawi antara lain; gambang, kromong, kemor, kecrek, gendang
kempul dan gong.
Kesenian Gambang Kromong berkembang pada abad 18, khususnya di sekitaran daerah Tangerang. Bermula dari sekelompok grup musik yang dimainkan oleh beberapa orang pekerja pribumi di perkebunan milik Nie Hu Kong yang berkolaborasi dengan dua orang wanita perantauan Cina yang baru tiba dengan membawa Tehyan dan Kongahyan.
Kesenian Gambang Kromong berkembang pada abad 18, khususnya di sekitaran daerah Tangerang. Bermula dari sekelompok grup musik yang dimainkan oleh beberapa orang pekerja pribumi di perkebunan milik Nie Hu Kong yang berkolaborasi dengan dua orang wanita perantauan Cina yang baru tiba dengan membawa Tehyan dan Kongahyan.
B.kulanter
nyaeta
kendang anu ukurana leutik, warugana diwangun ku kutiplak, beungeut kendang
bagean kendang pangluhurna anu ditutup ku kulit. Keur mageuhan kutiplak nyaeta
wengku anu bahana tina kulit. Wengku bentukna kawas tali anu ngalingkup kulit
anu nutup beungeut kulanter.
Tali
keur narikan jeung ngendoran sora nyaeta rarawat. Eta rarawat mibanda tali dua,
keur ngahijikeun rarawat nyaeta tali simpay anu nyambungkeun bagian wengku
kutiplak jeung katipung. Sedengkeun bagian kulit anu nutup kulanter
panghandapna disebut katipung.
Teknik
nabeuhna rupa-rupa. Mun kutiplak di tabeuh bagean tengahna ku sakabeh ramo
kalawan teu diteundeut bakal kaluar sora “pang“, tapi lamun ditabeuhna
diteundeut bakal kaluar sora “plak”.Anapon cara nabeuh bagian katipung
mun ditoel ku ramo bagean tengah bakal ngaluarkeun sora “ting“ jeung “tong”
eta gumantung ku cara nabeuhna.Pungsina kulanter nyaeta keur mere panganteb kana
sora kendang indung oge keur nyieun rupa-rupa raehan tabeuh kendang.Waruga
kulanter aya dua rupa nyaeta beuteung siraru jeung beungkeut nyere, di
teundeuna deukeut beungeut kemprang kendang indung. Posisina nangtung, jeung
deukeut sentug kendang indung, di teudeuna digolerkeun. Jumlahna gumantung kana
kabutuhan.
C.PANERUS
Bermain Teknik: yang panerus bonang dimainkan
dengan menggunakan ujung lembut dua palu.
Pemain duduk di samping
dengan pot oktaf
terendah. Catatan sebelumnya dibasahi sebagai
berikutnya dimainkan menggunakan ujung
lembut palu itu
kecuali instrumen cukup matang bahwa pot
hanya berdering sebentar,
atau kecuali musik terlalu kompleks untuk semua
catatan yang akan dibasahi efektif.
D.JENGGLONG
Jengglong adalah kumpulan alat musik dari sunda. Ada dua
pengertian tentang istilah degung: * degung sebagai nama perangkat gamelan*
degung sebagai nama laras bagian dari laras salendro .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar