Kempli ini dimainkan pada bos dengan palu keras dan ini
membuat mengalahkan semua 25 pemain. Ini
adalah instrumen yang bagus untuk bermain seperti yang saya bisa duduk di sana,
berkonsentrasi pada menjaga waktu, tetapi juga menikmati mendengarkan musik
yang dibuat di sekitar saya.
Funnyildlife.wordpress.com
B.GONG
Ada tiga gong, gong vertikal besar memiliki pitch terendah dan dimainkan dengan palu lembut, kempur berukuran menengah bernada tinggi, dan klentong vertikal kecil tinggi bernada dan dimainkan dengan palu keras. Semua menyenangkan!
Ada tiga gong, gong vertikal besar memiliki pitch terendah dan dimainkan dengan palu lembut, kempur berukuran menengah bernada tinggi, dan klentong vertikal kecil tinggi bernada dan dimainkan dengan palu keras. Semua menyenangkan!

Funnyoldilfe.wordpress.com
C.REYONG
Gamelan.emacsian.com

D.PEMADE

Gamelan.emacsian.com
Pemade , mirip
dengan kantil , adalah metalofon 10-kunci dalam Gangsa . Ini
mendukung melodi utama dan memainkan bagian saling disebut kotekan
2.ALAT MUSIK GAMELAN JAWA
A.KEMPUL
Sofiafathana.blogspot.com

B.KENONG
Sofiafathna.blogspot.com

C.REBAB

Music-accad.blogspot.com
Alat musik rebab
pertama kali diperkenalkan oleh Masyarakat Timur Tengah. Karena dari Timur
Tengahlah, alat musik rebab berasal. Lalu perlahan-lahan masuk ke negara-negara
di Asia Tenggara hingga ke Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai
macam bentuk rebab. Yang membedakan rebab satu daerah dengan daerah lainnya
hanya di bahan pembuat rebabnya.
D.SULING

Seruling merupakan sejenis alat
musik tiup yang terbuat dari bambu serta memiliki 8 lubang, namun kini seruling
modern mempunyai banyak jenis atau bahan, ada yang terbuat dari logam aluminium
dan bahkan ada juga terbuat dari plastik. Sekarang Seruling ini populer di
kalangan china,walaupun sederhana akan tetapi alat musik ini sudah ada sekitar
4.500 thn yang lalu, di mulai dari abad ke-7. Adapun tehnik permainan seruling
ini berkembang pesat, hingga sampai abad ke-10, seruling ini pun sekarang sudah
menjadi alat musik instrumen utama dalam orkestra opera kalangan rakyat dan
opera etnik minoriti di china, dan di indonesia pun sering digunakan oleh musik
beraliran dangdut.
3.ALAT MUSIK GAMELAN SUNDA
A.GAMBANG

Aangaijja.blogspot.com
Kesenian
musik ini merupakan perpaduan dari kesenian musik setempat dengan Cina.
Hal ini dapat dilihat dari instrumen musik yang digunakan, seperti alat musik
gesek dari Cina yang bernama Kongahyan, Tehyan dan Sukong. Sementara
alat musik Betawi antara lain; gambang, kromong, kemor, kecrek, gendang
kempul dan gong.
Kesenian Gambang Kromong berkembang pada abad 18, khususnya di sekitaran daerah Tangerang. Bermula dari sekelompok grup musik yang dimainkan oleh beberapa orang pekerja pribumi di perkebunan milik Nie Hu Kong yang berkolaborasi dengan dua orang wanita perantauan Cina yang baru tiba dengan membawa Tehyan dan Kongahyan.
Kesenian Gambang Kromong berkembang pada abad 18, khususnya di sekitaran daerah Tangerang. Bermula dari sekelompok grup musik yang dimainkan oleh beberapa orang pekerja pribumi di perkebunan milik Nie Hu Kong yang berkolaborasi dengan dua orang wanita perantauan Cina yang baru tiba dengan membawa Tehyan dan Kongahyan.
B.kulanter

Tali
keur narikan jeung ngendoran sora nyaeta rarawat. Eta rarawat mibanda tali dua,
keur ngahijikeun rarawat nyaeta tali simpay anu nyambungkeun bagian wengku
kutiplak jeung katipung. Sedengkeun bagian kulit anu nutup kulanter
panghandapna disebut katipung.
Teknik
nabeuhna rupa-rupa. Mun kutiplak di tabeuh bagean tengahna ku sakabeh ramo
kalawan teu diteundeut bakal kaluar sora “pang“, tapi lamun ditabeuhna
diteundeut bakal kaluar sora “plak”.Anapon cara nabeuh bagian katipung
mun ditoel ku ramo bagean tengah bakal ngaluarkeun sora “ting“ jeung “tong”
eta gumantung ku cara nabeuhna.Pungsina kulanter nyaeta keur mere panganteb kana
sora kendang indung oge keur nyieun rupa-rupa raehan tabeuh kendang.Waruga
kulanter aya dua rupa nyaeta beuteung siraru jeung beungkeut nyere, di
teundeuna deukeut beungeut kemprang kendang indung. Posisina nangtung, jeung
deukeut sentug kendang indung, di teudeuna digolerkeun. Jumlahna gumantung kana
kabutuhan.
C.PANERUS

Bermain Teknik: yang panerus bonang dimainkan
dengan menggunakan ujung lembut dua palu.
Pemain duduk di samping
dengan pot oktaf
terendah. Catatan sebelumnya dibasahi sebagai
berikutnya dimainkan menggunakan ujung
lembut palu itu
kecuali instrumen cukup matang bahwa pot
hanya berdering sebentar,
atau kecuali musik terlalu kompleks untuk semua
catatan yang akan dibasahi efektif.
D.JENGGLONG

Tidak ada komentar:
Posting Komentar